Tutorial Instalasi Code::Blocks

      
     Kali ini saya akan membahas mengenai cara Instalasi IDE Code Blocks, saya juga menyertakan gambar agar Tutorial bisa lebih mudah untuk dimengerti, kalau Gambarnya nggak jelas silahkan Klik Gambarnya. Tapi sebelumnya lebih baik kalau kita cari tau dulu sedikit mengenai Code Blocks 

Code::Blocks

     Code Blocks adalah IDE (Intergrated Development Environment).  
Hah? Apa sih IDE itu?  yang jelas IDE disini bukan gagasan atau pemikiran lho. Gampangnya IDE disini adalah Software yang dipakai untuk membuat Aplikasi. Bisa dibilang IDE itu Software pembuat Software. Code Blocks sendiri tersedia untuk Windows, Mac OS X, dan Linux. Code Blocks dapat digunakan untuk bahasa pemrograman C, C++, dan Fortran. 


Instalasi

   Sebelum Instalasi kita harus mendownload Installer Code Blocksnya dulu. Code Blocks dapat diunduh secara gratis dari situs  resminya di : http://www.codeblocks.org/downloads/26
Jangan lupa untuk menyesuaikan Versi Installer dengan OS yang anda gunakan.


       Saat proses download selesai, jalankan Installer tersebut. Klik "Run" jika ada Dialog Box Security Warning untuk menjalankan Installer. Kalau anda klik "Cancel" maka program akan batal dibuka. Setelah Installer dibuka klik Next.


    Setelah itu, akan muncul License Agreement. Klik I Agree (Saya Setuju) untuk melanjutkan Instalasi. dengan menyetujui License Agreement berarti anda telah setuju dengan Syarat dari pengunaan Code Blocks jadi silahkan License Agreementnya dibaca terlebih dahulu. (Sebetulnya sih nggak perlu dibaca sampai akhir, Kalau lagi "Nggak Rajin" langsung Klik "I Agree" aja)


    Lalu akan muncul bagian pemilihan Komponen. Silahkan centang Komponen yang mau anda Install. Kalau anda memilih menginstall secara Full, maka Ukuran filenya sebesar 253.4 Mb.Tapi kalau anda nggak mau ngeinstall semua Komponen, ukuranya  bisa berubah jadi lebih kecil.
 

  Selanjutnya anda harus memilih Lokasi Instalasinya, di Lokasi itulah File & Program Code Blocks akan diinstall atau disimpan. Setelah selesai memilih, Klik Next untuk melanjutkan.


    Ketika anda mengklik tombol "Install" proses instalasi akan dimulai, tunggu sampai Prosesnya selesai (Sebentar kok). Saat Prosesnya selesai akan muncul Dialog Box. Kalau Klik "Yes" maka Code Blocks akan langsung terbuka. Kalau Klik "No" maka Code Blocks tidak akan langsung terbuka.


    Sampai disini berarti Code Blocks sudah berhasil di Install.
Demikianlah cara Instalasi Code Blocks. Kalau ada kesalahan mohon dimaafkan. Kalau ada bagian yang kurang jelas bisa anda tanyakan di bagian Komentar. 

                                                                                          
                                                                                                                     Terimakasih telah Membaca



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Web - Code Wars

Pemrograman Web - PBO dalam JavaScript

Pemrograman Web - JavaScript Loop & Fungsi