Contoh Algoritma Program Sederhana



 Pada Postingan saya yang ke 3 ini saya ingin memberi 3 contoh Program dasar menggunakan bahasa C++ . Kebanyakan perintah dalam Artikel ini sudah pernah saya bahas pada Artikel sebelumnya. Belum baca?  Ini Linknya .


   Ok kita langsung saja  ^ ^



1. Algoritma Hitung
   Yang pertama adalah Algoritma "Hitung". Persis seperti namanya, Program ini adalah Program untuk menghitung. Tapi karena ini adalah Algoritma Program Dasar jadi Programnya masih Simpel, belum selengkap program Kalkulator di PC atau Android yang biasanya kita pakai. Disini kita harus meminta input dari user berupa 3 Variabel Tipe Integer lalu melakukan perhitungan Aritmatika Variabel a-b , b*c , a/c, dan a+b*c.


    Sebelum saya menjelaskan, saya ingin minta maaf. Biasanya saya mengunakan Code Blocks untuk Codingan C++,  tapi kali ini saya terpaksa memakai Dev C++ karena belakangan ini Code Blocks saya mengalami Error ketika Compile (Saya nggak ngerti kenapa. Udah coba cari solusi tapi malah Bingung)

Oh iya, disana keliatan ada Baris warna biru kan? Nah itu namanya Comment alias Komentar untuk menggunakan Comment kita perlu mengetik simbol // sebelum Komentar kita atau /* dan */  sambil memasukan Komentar kita didalam 2 Simbol tersebut.

Penjelasan:
Line 1 - 6 : Pertama tama kita menginclude header iostream, mengunakan std namespace lalu main untuk memulai Program. (Bingung soal iostream, namespace, dan main? Baca Artikel saya yang sebelumnya. Link ada di awal  ^ ^ )
Line 7 -11 :Disini saya mendeklarasikan Variabel a, b, dan c bertipe data Integer lalu saya menampilkan nama dan kelas saya dengan perintah cout
Line 11 - 15: Sekarang kita minta Input dari User, sebelumnya kita pakai perintah cout untuk menampilkan Teks biar lebih jelas. lalu kita pakai perintah cin untuk meminta Input User. Jangan lupa masukan perintah Endline untuk meng "enter" ke bawah.
Line 16 - 20: Terakhir, kita tampilkan hasil Operasi Aritmatika dari a-b , b*c , a/c, dan a+b*c dengan perintah cout dan Simbol Aritmatika yang kita perlukan.

   Begini Outputnya:






2. Algoritma Konversi Detik
    Untuk Algoritma Program yang kedua, kita akan membuat Program konversi detik. Jadi, kita harus bisa mengubah satuan waktu Jam, menit , dan Detik dari User menjadi Detik semua. Gimana Caranya? 

Petunjuk: Kita tau kalau 1 jam itu 3600 detik, 1 menit itu 60 detik dan 1 detik itu.....     ya 1 detik lagi lah.



Penjelasan:
Line 1-6: Sama seperti sebelumnya, kita menginclude header iostream, mengunakan std namespace lalu main untuk memulai Program.
Line 7 - 9: Sama juga, disini saya mendeklarasi Variabel jam,menit, detik dan total tipe data Integer lalu menampilkan Nama dan Kelas
Line 10 - 14: Kita meminta Input dari User dengan cout (Untuk menampilkan Teks dulu) lalu cin Untuk Input dan terakhir Endline / Newline untuk membuat Jarak (Jangan lupa Coutnya)
Line 15 - 17: Sekarang kita lakukan perhitungan perkalian sesuai dengan petunjuk barusan di dalam Variabel total. Lho kenapa dikali? Coba perhatiin petunjuk yang barusan "1 Jam = 3600 detik", kalau dikaliin "1 (Variabel Jam)*3600 (Petunjuk) = 3600" hasilnya sama.  Terus kenapa harus didalem Variabel Total? Nggak harus didalem Variabel total juga sih, tapi saya lebih terbiasa masukin hasil akhir di Variabel. Terakhit, kita tampilkan Variabel Totalnya. Beres deh!

       Gini hasilnya:




3. Algoritma Modulus
    Algoritma / Program Terakhir yang kita bahas adalah Algoritma untuk menghitung Modulus. Modulus adalah sisa hasil bagi dari perhitungan. Misalnya gini: 10:3 = 3 sisa 1. Nah berarti Modulusnya 1. Misal 10:5 = 2 sisa 0 jadi modulusnya 0. Ok sekarang kita balik lagi ke Algoritma.
Pada Algortima yang ini kita harus menhingtung hasil dari 14 modulus 2, 14 modulus 3, dan 14 modulus 4.


Penjelasan:
Line 1-6: Masih Sama aja, kita menginclude header iostream, mengunakan std namespace lalu main untuk memulai Program.
Line 7 - 11: Kali ini saya memasukan Comment dulu baru menampilkan nama dengan cout.
Line 12-14: Disini kita mengunakan perintah % untuk melakukan perhitungan Modulus. Sama aja kayak perhitungan yang lain
Line 15 (Bonus): Disini saya menambahkan perintah system("pause") fungsinya untuk mempause Program sampai User menekan Tombol. Mungkin keliatanya Nggak berguna tapi sebenernya ini lumayan berguna. Kenapa? Karena kadang kadang Program akan tertutup secara Otomatis tanpa ada Jeda (Mungkin pembaca pernah ngalamin) Nah, ini bisa dijadiin Solusi untuk masalah itu. sebetulnya perintah ini tergantung dari OS yang kita gunakan, karena saya pakai Windows jadi saya ketik "pause".

    Begini Hasil akhirnya:





Phewww...   Akhirnya selesai juga.
Sekian dari saya Terimakasih telah membaca ^ ^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Web - Code Wars

Pemrograman Web - PBO dalam JavaScript

Pemrograman Web - JavaScript Loop & Fungsi